FAQ

FAQ Mobile Maslahah

 

1.      Apakah Mobile Maslahah?

Merupakan salah satu layanan e-banking atau delivery channel, yang dikenal dengan nama Mobile Banking oleh bank bjb syariah yang dapat diakses oleh nasabah menggunakan ponsel, kapan saja dan dimana saja selama 24 Jam selama ada jaringan komunikasi data 3G/GPRS/EVDO/WiFi.

 

2.       Apa keuntungan dengan menggunakan Mobile Maslahah?

 

  •   Biaya koneksi sangat murah
  •   Dapat diakses dimanapun selama ada sinyal jaringan komunikasi data operator ponsel yang digunakan
  •  Transaksi real time online dan 24 Jam
  •   Registrasi yang mudah, simple dan aman
  •   Fitur transaksi lengkap dan terus berkembang

 

 

 

 

 

3.      Bagaimana caranya dapat menggunakan layanan Mobile Maslahah?

 

  • ·  Nasabah dapat  melakukan pendaftaran/registrasi untuk mengunduh layanan Mobile Maslahah dengan langsung download menggunakan browser yang ada di telepon seluler ke alamat http://mbanking.bjbs.co.id/download
  • ·   Selanjutnya setelah aplikasi selesai diunduh, maka nasabah wajib memasukkan nomor telepon seluler dan nomor kartu ATM yang terdaftar di data bank.
  • ·  Nasabah wajib membuat identitas (User ID) dan kata kunci rahasia (Password) yang akan digunakan setiap kali Login ke dalam aplikasi.
  • ·    Untuk dapat melakukan transaksi keuangan, maka nasabah wajib melakukan permohonan pembukaan fitur transaksi keuangan di cabang tempat rekening dibuka.
  • ·    Setiap transaksi, akan diminta nomor PIN yang merupakan sama dengan nomor PIN ATM.

 

4.       Persyaratan utama bagi nasabah yang ingin menggunakan layanan Mobile Maslahah apa saja?

Nasabah yang ingin menggunakan fasilitas Mobile Banking, maka syarat utamanya adalah membuka rekening Tabungan atau Giro Perorangan yang memiliki kartu ATM aktif serta Telepon Seluler yang telah aktif jaringan datanya (GPRS/EVDO/ 3G).

 

5.   Jenis Handphone yang dapat digunakan untuk dipakai dengan layanan Mobile Maslahah?

Saat ini layanan Mobile Maslahah dapat diakses lebih dari 700 jenis handphone dengan spesifikasi sebagai berikut:

 

  •  Operating system    : Java, Blackberry OS 5 ++, Android OS 2.1 ++, iOS 4.3++
  •  Java framework       : MIDP 2.0 CLDC 1.0
  •  Network Connection: semua koneksi data GSM dan CDMA

 

 

 

6.      Apabila kartu ATM nasabah hilang dan diganti dengan yang baru, apakah layanan Mobile Maslahah masih tetap dapat digunakan?

Nasabah yang telah mengganti kartu ATM karena hilang atau rusak, maka layanan Mobile Maslahah tidak dapat digunakan sebelum nasabah melakukan pergantian nomor Kartu ATM di kantor cabang.

 

7.   Apabila nomor seluler diganti atau berbeda dengan nomor seluler yang terdaftar dan digunakan untuk registrasi, apakah layanan Mobile Maslahah dapat digunakan?

Sebagai bentuk pengamanan nasabah, layanan Mobile Maslahah hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) nomor SIM Card / perangkat seluler yang telah terdaftar pada saat registrasi layanan Mobile Maslahah. Ketika nasabah mengganti nomor kartu SIM, maka layanan Mobile Maslahah tidak dapat digunakan dan disarankan untuk mendaftarkan Kartu SIM tersebut di layanan Mobile Maslahah di Kantor Cabang.

 

8.  Bagaimana jika lupa password login Mobile Maslahah? Apakah dapat bertanya password kepada bank bjb syariah?

Password login merupakan bersifat rahasia dan tidak diketahui oleh siapapun kecuali nasabah. Password otomatis akan terblokir jika nasabah salah memasukkan password sebanyak 3 kali berturut-turut. Kemudian nasabah diminta mengaktivasi ulang (re-activate) layanan Mobile Maslahah dengan datang ke kantor cabang.

 

9.    Transaksi apa saja yang dapat dilakukan di Mobile Maslahah?

Dengan menggunakan layanan Mobile Maslahah, maka anda dapat melakukan berbagai transaksi seperti :

·    Cek saldo

·    Cek 5 transaksi terakhir

·    Cek History Transaksi

·    Informasi Produk dan Simulasi

·    Informasi call center bjb syariah

·    Transfer antar rekening bjb syariah dan antar bank (melalui ATM Bersama)

·    Pembayaran tagihan rutin bulanan

·    Pembelian voucher pulsa dan listrik serta voucher lainnya

·    Ganti Password LOGIN

·    Notifikasi transaksi financial melalui m-banking

 

10.  Bagaimana cara mengecek apakah transaksi yang dilakukan melalu Mobile Maslahah sudah berhasil?

Setelah nasabah memasukkan PIN ATM untuk otorisasi transaksi, maka layar berikutnya akan menampilkan pemberitahuan apabila transaksi berhasil dan jika ingin mengecek detil histori transaksi yang telah berhasil nasabah dapat melihatnya pada menu kotak masuk.

Cara mengakses menu kotak masuk: masuk ke menu utama, kemudian pilih admin, kemudian pilih kotak masuk.

 

 

11. Apa yang harus dilakukan jika terjadi transaksi yang dilakukan bermasalah?

Ketika nasabah mengalami transaksi yang bermasalah dengan layanan Mobile Maslahah, lapor segera ke bank bjb syariah call (022) 72 27 27 27, dengan menyampaikan data terkait atau datang ke cabang bank bjb syariah terdekat.

 

12. Berapa limit transaksi harian bila menggunakan layanan Mobile Maslahah?

Dikarenakan layanan Mobile Maslahah merupakan turunan dari layanan Kartu ATM, maka limit / batas transaksi mengikuti ketentuan dalam layanan Kartu ATM saat ini. Limit tersebut merupakan LIMIT GABUNGAN, yaitu:

LIMITASI PER KARTU

TARIK TUNAI (Rp)

TRANSFER* (Rp)

PEMBAYARAN/ PEMBELIAN (Rp)

PER TRANSAKSI

1,500,000

10,000,000

tidak dibatasi

PER HARI

10,000,000

25,000,000

5,000,000

FREKUENSI

Dibatasi Maksimal sebanyak 10 kali per hari, sepanjang tidak melampaui batas transaksi harian

*) Transfer antar rekening bank bjb syariah maupun transfer ke rekening bank lain

 

13.   Berapa biaya yang dikenakan bila menggunakan layanan Mobile Maslahah?

Biaya untuk penggunaan layanan Mobile Maslahah adalah biaya data (3G/GPRS/ EVDO/WiFi) yang tergantung layanan data yang digunakan nasabah serta biaya transaksi sesuai biaya jasa dari masing-masing mitra.

 

14.   Apakah bahasa yang dipergunakan dalam aplikasi Mobile Maslahah bisa diganti?

Ya. Nasabah dapat mengubah bahasa Mobile Maslahah dengan pilihan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang tersedia pada menu Ubah Bahasa.

Cara mengakses menu ubah bahasa: masuk menu utama, pilih menu admin, pilih menu Ubah Bahasa.

  

15.   Setelah 3 kali salah PIN di layanan Mobile Maslahah, apakah nasabah masih dapat bertransaksi di mesin ATM?

Tidak. Karena PIN yang digunakan dalam layanan Mobile Maslahah merupakan PIN Kartu ATM, maka setelah 3 (tiga) kali salah PIN secara otomatis layanan Mobile Maslahah dan Kartu ATM terblokir. Untuk membuka kembali layanan Mobile Maslahah dan mengganti PIN, maka harus ke cabang bank.

 

16.   Bagaimana cara menghapus atau menonaktifkan aplikasi Mobile Maslahah?


Nasabah dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi Mobile Maslahah dengan cara:

 

  •    Menghapus aplikasi melalui menu setting atau aplikasi yang ada dimasing-masing telepon seluler.
  •  Melaporkan kepada bank bjb syariah call (022) 72 27 27 27 untuk menonaktifkan layanan Mobile Maslahah sementara atau permanen melalui mekanisme penghapusan / pemblokiran layanan Mobile Maslahah.