Berita

Bank bjb syariah Siap Menerima Setoran Dana Wakaf Uang

2020-09-30 15:14:57 | 55 Views.
thumb_1602469084_Foto Release BWI.png

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Prof.Mohammad Nuh resmi meluncurkan Wakaf Uang Jawa Barat pada tanggal 30 September 2020 bertempat di Hotel Harris Convention Festival Citylink Bandung. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara BWI Jawa Barat dan Kanwil Kemenag Jawa Barat serta bank bjb syariah sebagai penampung dana wakaf di wilayah Jawa Barat.

Ridwan Kamil menerangkan, bahwa wakaf tunai merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Barat yang mengakselerasi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Investasi kebaikannya tetap ada dan nilai manfaatnya dapat dirasakan untuk seluruh umat,” ujarnya.

RK berharap dengan adanya wakaf tunai ini, kesadaran masyarakat untuk menunaikan wakaf dapat ditingkatkan sehingga wakaf tunai ini dapat mensejahterakan dan memandirikan masyarakat Jawa Barat.

Mohammad Nuh selaku Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) mengatakan, “Wakaf tunai ini tidak hanya berbicara masalah kekinian saja, tetapi nilai manfaatnya bisa dibawa sampai ke akhirat. Alangkah bahagianya apabila setiap umat sudah memiliki tabungan dunia dan akhirat,” ujarnya dengan bangga.

Ia pun mengajak untuk menjadikan wakaf sebagai life style dan produktif. “Pengelolaan wakaf harus diiringi dengan pemikiran yang produktif agar nilai manfaat dari wakaf dapat terus dikembangkan sehingga dampak sosial dapat menimbulkan kekuatan kebersamaan,” terangnya.

Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan mengatakan, bjb syariah telah resmi ditunjuk sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU). Untuk mengoptimalkan peran sebagai LKS PWU, bank bjb syariah telah menjalin kerja sama dengan beberapa nazhir atau pihak yang menerima wakaf, diantaranya dengan BWI,” jelasnya.

Indra menambahkan, pada hari ini melalui penandatanganan MoU antara BWI dengan bank bjb syariah tentang Penerimaan Wakaf Uang untuk Gerakan WaKAf PeduLI IndoneSiA (KALISA), diharapkan bank bjb syariah sebagai bank syariah dapat berperan aktif membangun ekonomi masyarakat Jawa Barat sebagai penampung dana wakaf dari Masyarakat Jawa Barat melalui beberapa channel yang telah dimiliki bank.

Pada Kesempatan yang sama Direktur Operasional bank bjb syariah Vicky Fitriadi menyampaikan bahwa para pengurus dan karyawan bank bjb syariah akan berikhtiar untuk mengikuti program wakaf uang KALISA melalui pemotongan gaji setiap bulan, hal ini juga sebagai bentuk dukungan untuk penggalangan dana Wakaf di Wilayah Jawa Barat demi terwujudnya Jawa Barat juara lahir batin.

Launching Wakaf Uang ini ditutup dengan penyerahan dana Corporate Social Responsibility (CSR) bank bjb Syariah kepada BWI (Badan Wakaf Indonesia) yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan sebesar Rp 50 juta. Indra pun menegaskan, “Semoga dengan langkah ini dapat memberikan contoh khususnya kepada seluruh warga Jawa Barat dan Banten dapat mulai terbiasa untuk berwakaf yang dananya mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak”.

.

Drop us a message

You're in the right place! Just drop us a message. How can we help?