LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA - SEKTOR JASA KEUANGAN (LAPS SJK)

Pelindungan konsumen dalam sektor jasa keuangan adalah aspek penting untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan nasabah.

Berbagai peraturan telah diterbitkan oleh otoritas terkait untuk memastikan hak-hak konsumen terlindungi dengan baik.

Berikut ketentuan terkait perlindungan konsumen:

  1. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 22 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan
  2. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 61/POJK.07/2020 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan
  3. Peraturan Bank Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen Bank Indonesia


Berikut kriteria pengaduan yang berlaku berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan:

  1. Pengaduan telah dilakukan upaya penyelesaian oleh PUJK namun ditolak oleh Konsumen atau Konsumen belum menerima tanggapan pengaduan;
  2. Sengketa yang diajukan bukan merupakan Sengketa sedang dalam proses atau pernah diputus oleh lembaga peradilan, arbitrase atau lembaga alternatif penyelesaian sengketa lainnya; dan
  3. Sengketa bersifat keperdataan.


Layanan Penyelesaian Sengketa di LAPS SJK:

  • Mediasi
        Cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan antara Para Pihak dibantu oleh Mediator LAPS SJK, guna tercapainya kesepakatan perdamaian

    (settlement agreement) yang win-win solution.

  • Pendapat Mengikat
    Layanan penyelesaian atas beda pendapat antara Pihak mengenai perjanjian melalui pemberian Pendapat Mengikat oleh LAPS SJK.
  • Arbitrase
    Cara penyelesaian sengketa perdata di luar peradilan umum berdasarkan Perjanjian Arbritase tertulis antar para Pihak yang bersengketa, dibantu oleh Arbiter

       LAPS SJK.


Prinsip LAPS:

  • Prinsip aksesibilitas
Layanan dan prosedur penyelesaian sengketa LAPS SJK mudah diakses oleh konsumen dan mencakup seluruh Indonesia.

  • Prinsip independensi

LAPS SJK memiliki pengawas untuk menjaga dan memastikan independensi LAPS SJK. Selain itu, LAPS SJK mempunyai sumber daya yang memadai untuk

melaksanakan fungsinya.

  • Prinsip keadilan

LAPS SJK memiliki peraturan dalam pengambilan kesepakatan dan/atau putusan agar penyelesaian sengketa dapat bersifat adil.

  • Prinsip efisiensi dan efektifitas

LAPS SJK mengenakan biaya terjangkau dalam penyelesaian sengketa. Selain itu, LAPS SJK mengawasi pelaksanaan kesepakatan atau putusan


Alur Pengaduan LAPS


Drop us a message

You're in the right place! Just drop us a message. How can we help?